Home » Provinsi » Aceh » PROFIL BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK PROV. ACEH
 
PROFIL BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK PROV. ACEH PDF Cetak E-mail

Banda Aceh, gugus tugas trafificking.org-BP3A didirikan tanggal 11 Maret 2008  sesuai dengan Qanun Nomor 5 Tahun 2007. Hal ini disampaikan Dra. Raihan Putry, MPd , Kaban BP3A Provinsi Aceh, kepada para undangan peresmian ruang database (1/9)

Badan ini  dapat terbentuk karena perjuangan kaum perempuan yang menginginkan perlakuan adil antara perempuan dan laki-laki dalam memperoleh kesempatan, hak, peran dan tanggung jawab dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara di segala bidang pembangunan. BP3A Provinsi Aceh mempunyai visi “Terwujudnya kebersamaan peran antara laki-laki dan perempuan serta terwujudnya perlindungan dan kesejahteraan perempuan dan anak secara holistic sesuai dengan nilai-nilai Ke-Islaman dan Ke Acehan”

Misi BP3A adalah “meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak dalam berbagai bidang; memajukan tingkat keterlibatan perempuan dalam proses politik dan jabatan politik; mengupayakan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak; meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan perempuan dan anak; memperkuat kelembagaan pengarusutamaan gender; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan dan perlindungan anak; dan meningkatkan capacity building BP3A dalam memberikan pelayanan publik”.

Pembentukan BP3A bertujuan meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan serta perlindungan terhadap perempuan dan anak dalam berbagai bidang.

Bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat diantaranya; dengan melakukan kegiatan pelatihan keterampilan kepada perempuan, kegiatan sosialisasi peraturan-peraturan yang menyangkut Perempuan dan Anak (UU, Qanun, Pergup dll), memediasi Rapat Koordinasi Perempuan dan Anak dengan Instansi terkait se Propinsi Aceh. Dalam hal pelayanan yang berdampak langsung kepada masyarakat BP3A juga menyediakan dana untuk penyelesaian kasus KDRT dan kekerasan terhadap anak (kerjasama dengan PPT Bhayangkara & KPAID), dll.    

Sejak tanggal 11 Maret 2008 pimpinan BP3A dipercayakan kepada Dra. Raihan Putry, MPd dengan bantuan seorang Sekretaris dan 4 orang Kepala Bidang.

Struktur organisasi  BP3A sesuai Qanun Nomor 11 tahun 2008 terdiri dari 1 bagian dan 4 bidang yakni; Bagian Sekretariat ( terdiri dari 3 subbag, Subbag Umum; Subbag Kepegawaian dan Subbag Keuangan); Bidang Perlindungan Anak( terdiri dari 2 subbid, Subbid Advokasi Anak dan Subbid Data dan Analisa); Bidang Partisipasi dan Pemampuan (terdiri dari 2 Subbid, Subbid Partisipasi Politik, Sosial dan Lingkungan dan Subbid Pemampuan PUG); Bidang Kebijakan (terdiri dari 2 subbid, Subbid Data dan analisa kebijakan dan Subbbid Kualitas Hidup Perempuan ); Bidang Evaluasi dan Pelaporan (terdiri dari 2 subbid, subbid Kebijakan dan Program dan subbid Pelaporan).

Kantor BP3A beralamat di Jalan Tgk. Malem No. 5 Kota Alam Banda Aceh, Telp.(0651) 33295, Fax (0651) 22546 Email badanpp.aceh @yahoo.com

 
Hakcipta@2009 Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang