Home » Provinsi » DKI Jakarta » PIK Keluarga, Ujung Tombak Penanganan Kasus Trafficking di DKI Jakarta
 
PIK Keluarga, Ujung Tombak Penanganan Kasus Trafficking di DKI Jakarta PDF Cetak E-mail

DKI Jakarta, 07 Juli 2011.

DKI Jakarta-gugustugastrafficking.org-Pusat Informasi dan Konsultasi Keluarga menjadi tempat pengaduan kasus trafficking terdekat di masyarakat DKI Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Dra. Nurlaily Muchtar, MM, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BPMPKB Provinsi DKI Jakarta, kepada segenap perwakilan PIK Keluarga DKI Jakarta dalam acara Fasilitasi Data Kekerasan DKI Jakarta di Hotel Grand Menteng Jakarta Pusat (24/06).

Acara yang bertujuan untuk mengkoordinasikan sistem pelaporan dan pencatatan data Kekerasan terhadap Perempuan dan Kekerasan terhadap Anak (KtP dan KtA), termasuk didalamnya untuk mengetahui jumlah kasus trafficking di DKI Jakarta ini, dilakukan dengan menyampaikan materi tentang mekanisme pengumpulan data kekerasan dan PIK Keluarga sebagai pengumpul data kekerasan.

Kehadiran peserta aktif dari instansi lain pada acara ini seperti Dinas Kesehatan, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan  Anak (P2TP2A), Sudin Kesehatan, Kantor PMP dan KB, TP PKK serta LSM di Provinsi DKI Jakarta, turut mendukung peran PIK Keluarga sebagai tempat pengaduan kasus trafficking terdekat di masyarakat DKI Jakarta. PIK Keluarga, sebagai tempat pengaduan mempunyai tugas sebagai konsultan awal dan merujuk korban kepada unit-unit terkait untuk mendapatkan penanganan. Unit-unit tersebut antara lain adalah 14 RS dan 44 Puskesmas, UPPA Polres/Polda, P2TP2A dan Rumah Aman di DKI Jakarta, sehingga apabila ada korban trafficking yang membutuhkan penanganan kesehatan, hukum, konsultasi psikologis, serta keamanan diri, bisa mendapatkan penanganan tersebut di unit yang tepat.

Acara Fasilitasi Data Kekerasan DKI Jakarta hasil kerja sama antara Deputi Perlindungan Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi DKI, diharapkan akan memotivasi PIK Keluarga dan unit-unit terkait dalam menangani kasus trafficking di DKI Jakarta, termasuk dalam hal pendataan, penanganan dan pemberantasannya. Selain itu, diharapkan masyarakat juga berperan aktif mendukung PIK Keluarga dengan cara melapor bila terjadi kasus trafficking di lingkungannya.(dk).

 
Hakcipta@2009 Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang