Home » Provinsi » Kalimantan Timur » Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak di Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.
 
Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak di Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. PDF Cetak E-mail
Kaltim, Gusus Tugas Trafficking org. Kegiatan ini Sosialisasi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Timur adalah merupakan bentuk pemahaman dalam rangka pemenuhan dan menjamin Hak-Hak Anak yang menjadi tannggung jawab bersama Orang tua, keluarga, masyarakat dan Negara.

Anak merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis pembangunan, mereka perlu dipersiapkan demi kelangsungan eksistensi Bangsa dan Negara di masa mendatang,  setiap anak mampu mengelola dan tanggung jawab terhadap  masa depan bangsa.

 

Untuk mempercepat pencapaian Program Nasional Bagi Anak Indonesia tahun 2015 Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menyusun kebijakan pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan Nomor 02 Tahun 2009.

Kota Layak anak adalah  suatu strategi Pembangunan Kabupaten/Kota mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, dunia usaha dan masyarakat yang terencana dan berkelanjutan dalam program kegiatan pemenuhan hak anak.

Dengan demikian upaya pemenuhan hak-hak anak terkait pengembangan Kabupaten/Kota  di berbagai bidang pembangunan menjadi tanggung jawab berbagai pihak, sebagaimana yang di amanahkan dalam Rencana Panjang Menengah Tahun 2010-2014 yang  telah mentargetkan Kota Layak Anak melalui peran serta Provinsi yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan Nomor 56 Tahun 2010 telah ditetapkan 10 Provinsi pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak  termasuk diantaranya Provinsi Kalimantan Timur.

Oleh karena itu Pemerintah Pusat melalui Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Prov. Kaltim perlu menyelenggarakan  Sosialisasi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak di Tingkat Provinsi “ yang dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :

 

A.Tujuan.

Tujuan diselenggarakannya sosialisasi  ini adalah untuk :

1 .Peningkatan pemahaman para pemangku kepentingan yang terlibat dalam upaya mempercepat terwujudnya Kota Layak Anak ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

2. Membangun komitmen, partisifasi dan peran aktif para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan  Kota Layak Anak di wilayahnya.

 

B. Hasil yang di harapkan.

1.Meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan yang terlibat dalam upaya mempercepat  terwujudnya Kota Layak Anak di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

2.Terbangunnya komitmen, partisifasi dan peran aktif para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan  Kota Layak Anak di wilayanya.

3.Adanya tindak lanjut dari stake holder untuk membuat kebijakan, program dan kegiatan yang di anggarkan untuk pengembangan Kota Layak Anak di Tingkat Kabupaten/Kota( dapat dirintis melalui Desa/Kelurahan layak anak).(19/12)

 

 
Hakcipta@2009 Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang